Menyiapkan Akad Nikah dan Resepsi: Sebaiknya Disatukan atau Dipisah?

Akad nikah merupakan momen paling sakral dalam rangkaian acara pernikahan bagi sejumlah pasangan. Wajar bila dalam prosesnya banyak calon pengantin yang sengaja mencari tempat untuk melangsungkan kegiatan tersebut saat memilih wedding venue Surabaya. Namun, masalah lain muncul: apa mereka akan mengadakan akad nikah bersama resepsi atau secara terpisah?

Oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan akhir, Anda dan pasangan harus memikirkan kelebihan dan keuntungan dalam memilih tempat akad nikah hingga penyelenggaraannya.

Menyiapkan Akad Nikah dan Resepsi

Pro-kontra akad nikah dan resepsi di hari yang sama

Apa keunggulan yang paling terasa dari pelaksanaan akad nikah dan resepsi di hari yang sama? Tentu saja dari bujet yang dikeluarkan. Tak sedikit penyedia wedding venue, baik hotel maupun gedung, yang menawarkan paket ini untuk memancing minat calon mempelai. Bahkan pilihan tempat yang disediakan bisa lebih bervariasi.

Anda dan pasangan yang tak mau repot berlama-lama pun bakal sangat tertolong dengan memilih akad nikah serta resepsi di hari yang sama. Bersama keluarga, Anda dan pasangan hanya perlu menentukan satu tanggal, lalu mengatur kegiatan-kegiatan yang berlangsung. Sayangnya, di tahap ini juga Anda akan menemukan kesulitan seperti tenaga yang mudah terkuras hingga munculnya konflik akibat komunikasi yang kurang baik.

Kekurangan lain yang harus diantisipasi saat memilih akad dan resepsi di hari yang sama adalah kepadatan di tanggal pernikahan. Pastikan hari tersebut lengang. Jadi, semua pihak yang terlibat tidak kerepotan saat mengurus dekorasi venue hingga pergantian busana mempelai saat akad dan resepsi pernikahan.


Pro-kontra akad nikah dan resepsi di hari terpisah

Apa Anda dan pasangan punya jadwal yang lebih fleksibel? Dalam hal ini, menyelenggarakan akad nikah dan resepsi di hari terpisah lebih mungkin diwujudkan. Apalagi kalau Anda ingin menggelar acara sesuai adat masing-masing pihak keluarga yang bisa memakan waktu selama beberapa hari. Memisahkan akad nikah dan resepsi pun memudahkan tamu dari luar kota atau pulau untuk mengatur jadwal kedatangan.

Dari segi tenaga, Anda dan pasangan akan lebih rileks karena tidak memusingkan dua acara di waktu bersamaan. Anda dan pasangan pun lebih leluasa untuk menempatkan akad nikah dan resepsi secara berdekatan atau dalam jeda yang cukup panjang. Fleksibilitas ini yang biasanya dicari pasangan dengan tingkat kesibukan yang tinggi.

Menyoal kekurangan, melaksanakan akad nikah dan resepsi hari bersamaan jelas akan menguras biaya yang lebih besar. Begitu pula waktu yang harus diluangkan mengingat ada banyak kebutuhan yang harus Anda dan pasangan penuhi.

Dari perbandingan ini, Anda bisa simpulkan sendiri jadwal mana yang akan ditentukan. Pikirkan sematang mungkin bersama pasangan untuk mencegah kesalahpahaman dan masalah lain yang berpotensi mengacaukan akad dan resepsi. Semoga bermanfaat!

0 Komentar untuk "Menyiapkan Akad Nikah dan Resepsi: Sebaiknya Disatukan atau Dipisah?"

Back To Top