Ketahui Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

Ketahui Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis. Ketika kita berbicara tentang tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonik, muncul pertanyaan yang pada awalnya terkesan memiliki penjelasan logis yang sederhana dan masuk akal, yaitu: apakah tangga nada pentatonik merupakan tangga nada yang tersusun dari 5 nada penta = 5 dan tonik = nada dasar , diatonics akan terdiri dari 2 nada dasar. Sederhana bukan?

Namun, sekarang saya meninggalkan pertanyaan di udara: apa yang akan menjadi dua nada dasar dari skala diatonis? tonik dari timbangan itu sendiri dan yang ketiga, atau tonik dan yang kelima saja? maksud Anda bahwa catatan lain tidak penting dalam konteks skala ini? Uh, sekarang jadi rumit. Oleh karena itu, alasan ini tidak masuk akal. Jadi pikirkanlah,  perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis. Jawabannya dapat ditemukan dari analisis rumus dua skala :

Ketahui Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

·         diatonik mayor:  T - T - St - T - T - T - St;

·         pentatonik utama: T - T - T + St - T - T + St

Tangga Nada Diatonis

Tingkat skala 4 adalah f. 8 th derajat skala adalah nama catatan sama dengan 1 st derajat skala.nama nada setiap tangga nada di sini c mayor atau derajat skala pertama disebut "tonik". Ini adalah nada sentral dalam skala nada atau kunci. Catatan terpenting berikutnya disebut "dominan" untuk peran besar peran dominan yang dimainkannya dalam komposisi tonal. Perhatikan bahwa dominan terletak pada derajat skala ke 5 pada huruf alfabet kelima dari skala: C D E F G

Tangga Nada Pentatonis

Jika anda belum pernah mendengar tangga nada pentatonik dalam hidup anda, pergilah ke keyboard atau piano dan mainkan tuts hitam satu per satu. Ini adalah bunyi tangga nada pentatonik.  Ada banyak bentuk tangga nada pentatonik; Contoh kunci hitam ini hanyalah salah satu yang memfasilitasi observasi karena sangat praktis. Nah untuk itu kunjungi link Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis terbaik.

Skala pentatonik bisa besar atau kecil. The besar skala pentatonik berisi 5 catatan dari skala besar, dan kecil skala pentatonik berisi 5 catatan dari skala minor. Umumnya, interval semitone- lah yang menyebabkan disonansi terbesar dalam musik: contoh:  b 9,  b5, 4 *, # 4, # 11 dan # 7.

Oleh karena itu, tangga nada pentatonik terdengar lebih mudah di telinga dan lebih mudah diterapkan, karena tidak mengandung nada semitone yang harus dihindari.konteks harmonis . Untuk merasakannya, mainkan progresi akor berikut: C - Am - G7 - Csus4.

Maka, pentatonik adalah skala yang berfungsi sebagai turunan atau pengurangan diatonik lebih besar atau lebih kecil. Penta mayor pada dasarnya adalah diatonik mayor tanpa ketegangan ketat keempat dan ketujuh mayor. Dan penta minor adalah diatonik minor alami setelah menghilangkan tekanan ke-9 mayor kedua, di oktaf atas dan ke-13 mayor keenam, satu oktaf di atas.

Singkatnya, yang membedakan keduanya adalah bahwa yang pertama memiliki interval keseluruhan dan semitone. Sekarang, skala kedua, meskipun memiliki interval T + St, tidak hanya memiliki interval 1 seminada.

Itulah sebabnya tangga nada diatonik dinamakan demikian, karena diatonik memiliki 2 jenis interval nada dan semitone dan pentatonik tidak memiliki interval semitone. sekian dari saya terkait perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis kali ini. semoga bermanfat!

0 Komentar untuk "Ketahui Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis"

Back To Top